Banjir di Kecamatan Tayu dan Dukuhseti Sebabkan Aktivitas Warga Terganggu

DeptaMedia.com B5F7B0C2 299C 4A5F 85E1 2A4491D90284

Pati, Deptamedia.com – Belum surut banjir dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Pati, kini titik banjir bertambah yakni di Kecamatan Dukuhseti dan Kecamatan Tayu. Ketinggian air yang mencapai satu meter lebih membuat ratusan rumah di dua kecamatan tersebut terendam air pada Rabu, (24/2).

Selain melumpuhkan akses jalan antara Kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara di wilayah tersebut, air juga melumpuhkan aktivitas warga.

Salah satu lokasi yang terdampak banjir yakni di Desa Ngagel, Kecamatan Dukuhseti. Di Desa Ngagel warga harus berjibaku menyelamatkan perabotan rumah tangga dari genangan air yang terus meninggi. Tidak hanya perumahan, akses di desa tersebut juga terendam air hingga ketinggian 80 sentimeter.

Salah satu warga Desa Ngagel, Wawan Hariyono mengatakan, selain karena faktor cuaca ekstrem, luapan air ini juga diakibatkan kawasan hutan yang berada di sisi barat desa tak lagi mampu menahan derasnya air.

“karena kondisi hutan saat ini hampir tidak ada pohon tegakan dan mayoritas ditanami ketela. Akibatnya sejumlah sungai yang berada di wilayah tersebut tidak lagi mampu menampung luapan air hujan,” jelasnya.

Hingga saat ini, setidaknya 17 desa di Kecamatan Dukuhseti dan Tayu terendam banjir. Ratusan perumahan di lima desa di Kecamatan Tayu, dan 12 desa di Kecamatan Dukuhseti kini terdampak banjir.