Berita  

Dampak Negatif Bagi Warga Sekitar, DPRD Pati Inginkan Ada Pengkajian Ulang Izin Tambang

DeptaMedia.com images 36

Deptamedia.com, Pati – Permasalahan keberadaan galian C atau penambangan batuan Kapur di Pegunungan Kendeng Kabupaten Pati masih menjadi polemik yang terus berkembang.

Menyoroti hal tersebut, melalui salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Warsiti menginginkan agar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Tengah dapat melakukan pengkajian ulang penertiban izin tersebut.

Ia menilai selama ini, keberadaan aktivitas penambangan berdampak negatif bagi warga masyarakat, khususnya di sekitar lokasi tambang.

“Saya berharap dari Pemda provinsi itu untuk mengkaji ulang, karena dampak negatif yang luar biasa kepada masyarakat kita. Sehingga tidak etis, karena kita juga tidak bisa cawe-cawe,” ucapnya.

Diketahui bahwasanya kewenangan akan pengeluaran izin galian C di Pegunungan Kendeng Wilayah Kabupaten Pati diakomodir oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi.

Ia menilai perlunya keterlibatan Pemerintah Kabupaten, sehingga dalam menentukan kebijakan dapat didasarkan atas aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Pimpinan Daerah di Kabupaten Pati.