Dewan Pati Berharap Penyandang Disabilitas Di Mina Tani Harus Punya E- KTP

DeptaMedia.com IMG 20210422 212934

Pati, Deptamedia.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto mengungkapkan penyandang disabilitas mental di Bumi Mina Tani harus punya KTP Elektronik (E-KTP).

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto selepas menggelar rapat dengan dinas-dinas terkait mengenai permasalahan ini.

“Hari ini masalah hak daripada penyandang disabilitas mental. Jadi mereka setelah kami turun ke lapangan banyak yang belum mempunyai KTP, KK maupun KIA,” ujar politisi Gerindra.

Oleh sebab itu, DPRD Kabupaten Pati dari Komisi D mendesak dinas-dinas terkait untuk mendata para disabilitas mental ini dan segera melakukan percepatan pembuat dokumen-dokumen ini.

Menurut Wisnu, hal ini berdampak pada hak-hak disabilitas yang tidak terpenuhi lantaran dokumen persyaratan tidak terpenuhi. “Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental Margo Laras yang menangani disabilitas mental itu bisa meng-cover bila punya KTP, KK atau KIA,” tuturnya.

Dalam rapat tersebut, Pihaknya telah mengundang beberapa Dinas untuk membahas terkait hal ini. Di antaranya Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati.(Adv)