Berita  

Dewan Pati Minta Pemerintah Daerah  Perhatikan Bidang Pangan

DeptaMedia.com IMG 20221128 WA0067

Pati, Deptamedia.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati meminta kepada Pj Bupati untuk memperhatikan nasib petani saat panen raya tiba.

Pasalnya, hasil panen yang melimpah di Kabupaten Pati sering kali dikeluhkan oleh petani karena harga jual yang rendah. Selain itu, tidak tersedianya lumbung pangan untuk menyimpan hasil panen juga menjadi masalah tersendiri.

Dalam usulan yang dibacakan oleh anggota Komisi B DPRD Pati, Narso meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pati untuk memperhatikan bidang pangan, pihaknya meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pati agar meningkatkan peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menunjang ketahanan pangan dengan mendirikan lumbung yang mampu menyerap hasil pertanian pada saat panen raya dan mampu menyediakan pangan saat paceklik.

“Dengan mengoptimalkan peranan BUMDes, desa tidak hanya memiliki lumbung guna menyimpan hasil panen raya, namun desa juga dapat mengantisipasi ketahanan pangan saat paceklik,”pintanya.

Kerja sama antara BUMDes, dinas terkait, dan masyarakat sangat diperlukan guna mendukung kebijakan ini. Tujuannya adalah demi kesejahteraan bersama masyarakat Pati dalam hal ketahanan pangan.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N