Dewan Pati Siap Kawal Pelaksanaan Dua Perda yang Baru Disahkan

DeptaMedia.com IMG 20210525 WA0025

Pati, Deptamedia.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati siap mengawal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati dalam menjalankan dua Peraturan Daerah (Perda) yang baru disahkan pada Selasa (25/5/2021) lalu.

Sebelumnya, dua raperda telah disahkan menjadi peraturan daerah (Perda). Dua Raperda itu yakni, Raperda tentang Penyelenggaraan dan Penanganan Pemerlu Masalah Kesejahteraan Sosial dan Raperda tentang Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Perumahan.

Raperda tentang Penyelenggaraan dan Penanganan Pemerlu Masalah Kesejahteraan Sosial sangat diperlukan guna memberikan pedoman dalam penyelengaraan kesejahteraan sosial dan Penanganan masalah orang-orang pinggiran.

Semantara Raperda tentang Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum Perumahan diperlukan untuk mengatur penyerahan sarana dan prasarana dan utilitas umum perumahan dari pengembang ke Pemkab Pati.

Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin mengaku akan mengawal pemberlakuan kedua Perda ini. Pihaknya siap mengawal dan siap menegur Pemkab Pati maupun pihak swasta bila tidak menjalankan Perda ini.

“Ini sudah menjadi domain saudara Bupati dan jajarannya. Di sini kami mempunyai fungsi pengawasan. Tentunya kami akan mengawasi sesuai di Perda ini,” tutur Ali.

“Baik terkait dengan Perda tentang sarana dan prasarana dan utilitas umum perumahan maupun Perda tentang Kesejahteraan Sosial Masyarakat. Sebagai pengawasan lah,” tandas Ali. (*)