Berita  

Hanya Karaoke Berizin yang Boleh Jual Miras

DeptaMedia.com IMG 20221113 WA0048

Pati, Deptamedia.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Ali mengatakan hanya tempat karaoke berizin yang diperbolehkan menjual minuman keras alias miras.

Pembatasan peredaran minuman keras ini, setelah DPRD Kabupaten Pati mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengendalian Minuman Beralkohol alias Raperda Miras, Kamis (9/2/2023).

”Tempat-tempat yang berizin karaoke yang boleh menjul, perda ini menjadi dasar penegakan miras,” ujar politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Pati ini.

Peraturan Daerah (Perda) itu juga mengatur kadar maksimal alkohol yang boleh diedarkan. Hanya minuman beralkohol berkadar maksimal 5 persen yang diperbolehkan diedarkan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ini membuat miras berkadar alkohol di atas itu tidak diperbolehkan beredar di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani ini.

Ali pun berharap Perda ini bisa menjadi landasan untuk mengatur peredaran miras di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Ini sangat penting untuk melindungi generasi muda dari bahaya miras.

Diketahui, Perda ini rencananya disahkan pada Jumat (23/12/2022) lalu. Namun pengesahan ini gagal dilakukan lantaran anggota DPRD Kabupaten Pati yang hadir tidak mencapai kuorum.

Pengesahan pun dilakukan setelah nota Persetujuan antara DPRD Kabupaten Pati dan Pj Bupati Pati ditandatangani dalam Rapat Paripurna itu.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N