Berita  

Izin Kemendagri Turun, Dewan Kembali Godog Raperda Pesantren

DeptaMedia.com IMG 20230222 132133

Pati, Deptamedia.com – Izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memproses Rancangan Peraturan (Raperda) Pesantren sudah turun. Pembahasan Raperda ini pun dimulai kembali.

Ini terungkap dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati, Rabu (8/2/2023). Dalam rapat itu, Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Muhammadun memimpin jalannya rapat.

Politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan lantaran saat ini Kabupaten Pati dipimpin Penjabat (Pj) Bupati maka, semua raperda harus mendapatkan persetujuan dari Kemendagri.

Pada pembahasan Raperda Pesantren, akhir tahun lalu, izin dari Kemendagri belum didapatkan. Sehingga pembahasan itu tidak berguna dan saat ini pembahasan dimulai dari awal.

”Raperda Pesantren memang ada masalah. Semua raperda bisa dibahas bila sudah ada persetujuan dari Kemendagri. Ini untuk Pj. Kalau Bupati definitif bisa langsung,” ujar dia usai memimpin rapat paripurna.

Ia mengungkapkan proses paripurna Raperda ini sebelumnya tidak berlaku. Pasalnya, waktu pembahasan, izin dari Kemendagri belum keluar sehingga proses pembahasan Raperda dimulai dari nol.

”Sebelum membahas harus izin dulu. Ternyata ini belum izin. Setelah izin keluar baru dibahas. Ini pembahasannya dari awal. Mulai dari penyampaian dari inisiator, terus ditanggapi Pj, Kemudian dibentuk Pansus kembali. Pembahasan yang lalu tidak berarti,” jelas dia.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N