Berita  

Kekeringan dan Banjir Menghantui, DPRD Pati Minta Pemerintah Serius Lakukan Reboisasi

DeptaMedia.com IMG 20220326 WA0013

Deptamedia.com, Pati – Bencana menghantui Kabupaten Pati setiap tahunnya. Bila musim hujan, banjir menjadi ancaman. Sementara saat kemarau, kekeringan melanda Kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani itu.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati pun meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati serius mengatasi dan menanggulangi bencana ini.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati Narso mengatakan antisipasi bencana ini bisa dilakukan dengan membenahi daya dukung lingkungan terhadap masyarakat.

Salah satu langkahnya dengan reboisasi hutan. Sehingga bisa meminimalisir dampak bencana alam di Kabupaten Pati.

”Jangka panjang perlu kita antisipasi supaya tidak terlalu ekstrim akibat adanya perubahan iklim ini. Sehingga bisa diminimalisir. Salah satunya dengan reboisasi hutan saat ini gundul,” kata politisi PKS tersebut.

Diketahui, lebih dari 84 desa yang tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Pati terdampak kekeringan. Lebih dari seratus ribu jiwa warga Bumi Mina Tani membutuhkan bantuan air bersih setiap harinya.

Sumur maupun sumber air bersih desa setempat mulai menyusut dan mengering. Lebih dari 106 ribu jiwa warga membutuhkan bantuan air bersih setiap hari.