Makam Bupati Juwana, Saksi Sejarah Pernah Adanya Kabupaten Juwana Pada Masa Lalu

DeptaMedia.com foto web makam

Pati, Deptamedia.com – Tidak banyak yang tahu jika dulu Kecamatan Juwana merupakan sebuah Kabupaten. Sejarah adanya Kabupaten Juwana terbukti dengan adanya Komplek Makam Bupati Juwana yang berada di Jalan Mangkudipuro, Desa Growong Kidul, Kecamatan Juwana.

Perlu diketahui, ada 3 Bupati pada masa Pemerintahan Kabupaten Juwana, yakni Bupati Juwana Pertama Kiyai Tumenggung Mangkoedipoero I Atau Pangeran Bagus Amin, yang memimpin dari tahun 1825 hingga 1852. Bupati Juwana kedua Kiyai Tumenggung Mangkoedipoero II Atau Pangeran Bagus Pandu, memimpin dari tahun 1853 hingga 1883. Kemudian Bupati Juwana ketiga atau yang terkahir yaitu Kiyai Tumenggung Mangkoedipoero III Atau Pengeram Bagus Rakib, memimpin dari tahun 1883 hingga 1886. Ketiganya disemayamkan di Makam ini.

Namun entah apa yang terjadi pada massa itu, Juwana Kemudian Bergabung dengan Kabupaten Pati dan berganti setatus menjadi Kecamatan Juwana. Menurut Juru Kunci Makam Bupati Juwana Tri Joko atau Toto Wulan Kusumo, tidak banyak cerita mengenai masa pemerintahan Bupati Juwana, namun yang pasti dulu Juwana merupakan Sebuah Kabupaten yang terpisah dari Kabupaten Pati.

“Dulu ada tiga masa pemerintahan Bupati Juwana, jabatan ini merupakan jabatan turun temurun. Tidak banyak yang tahu sejarah tentang Kabupaten Juwana secara detail,” jelas Toto saat mendampingi Tim Deptamedia.com berziyarah ke Makam Bupati Juwana, Kamis (4/3/2021).

Dibalik cerita tentang Pemerintahan Kabupaten Juwana juga ada kisah mistis di Makan Bupati Juwana ini, Tri menceritakan jika dirinya pernah ditemui oleh sosok Bupati Juwana ketiga yakni Pangeran Bagus Rakib saat membersihkan makam. Menurutnya saat itu Bupati Juwana ketiga tersenyum kepadanya sebagai bentuk ucapan terima kasih karena telah merawat komplek makam beliau. Selain itu, dulu juga pernah ada pengamen yang biasa tidur di Makam Bupati Juwana melihat penampakan sosok pocong. Ada juga kisah tentang burung yang mati setiap melewati makam Bupati Pertama Juwana.

Toto Berharap kisah tentang adanya Kabupaten Juwana dan Bupati Juwana tidak dilupakan oleh masyarakat dan bisa lebih banyak lagi Sejarawan yang mempelajari tentang sejarah Kabupaten Juwana.

Meskipun Makam Bupati Juwana terletak di Desa Growong Kidul, namun secara kewenangan berada di bawah Pemerintahan Desa Kebonsawahan, Kecamatan Juwana.

Kepala Desa Kebonsawahan, Sugiyono menerangkan jika pada tahun ini akan ada sedikit perbaikan di area makam Bupati Juwana, berupa rehabilitas pagar makam. Hal ini merupakan salah satu upaya dirinya bersama Anggota DPRD Kabupaten Pati sebagai generasi penerus yang tidak lupa dengan sejarah.

“Kita sebagai generasi penerus jangan sampai lupa tentang sejarah bangsa ini. Apa lagi ini merupakan salah satu sejarah penting terutama untuk warga Juwana. Kita terus berupaya agar komplek makam Bupati Juwana lebih diperhatikan,” ungkap Sugiyono.