Berita  

Optimalkan Pendapatan Desa, BUMDes Pajeksan Kelola Usaha Travel dan Kopi Bubuk

DeptaMedia.com IMG 20230203 WA0053

Pati, Deptamedia.com Sejak menjadi kepala desa di Pajeksan Kecamatan Juwana, Kelud berfikir keras mencari solusi gimana caranya perekonomian di desanya menjadi maju. Salah satunya dengan mengoptimalkan pendapatan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jum’at (3/2/2023).

“Kami memiliki BUMDes. Melalui usaha ini kami berupaya menyejahterakan masyarakat sekaligus mengoptimalkan pendapatan desa,”terangnya kepada Deptamedia.com saat diwawancara di Kantornya.

Lanjut, Kelud mengatakan BUMDes Makmur Desa Pajeksan saat ini telah memiliki dua lini usaha. Yaitu mobil travel dan produksi kopi bubuk kemasan. Karena menurut dari pengalaman sebelumnya usaha simpan pinjam yang di kelola BUMDes gagal sehingga beralih ke usaha ini.

“Saat ini kita punya dua unit mobil travel. Lumayan ramai tiap bulan pendapatannya. Kopi bubuk murni kita bikin sendiri, ambil biji kopi dari Gunungwungkal. Saat ini dipasarkan di wilayah Juwana sendiri,” imbuh pria yang doyan olahraga bersepeda ini.

Pria kelahiran Pati, 17 Agustus 1968 ini sudah menjabat sebagai kepala desa selama 3 periode. Mulai tahun 1993 pria yang sudah memiliki 3 cucu ini sudah magang menjadi perangkat desa. Lalu resmi menjadi Kaur Pembangunan sejak 1997 hingga 2002. Setelah itu Kelud menjadi kepala desa selama dua periode beruntun. Mulai 2002 sampai 2013. Dan untuk periode ketiganya terpilih lagi pada 2018 habis di tahun 2025.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N