Berita  

Pemerintah Diminta Bertindak Atasi Perundungan kepada Anak

DeptaMedia.com IMG 20221118 WA0018

Pati, Deptamedia.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati diminta bertindak untuk mengatasi perundungan terhadap anak. Mengingat bullying kepada anak belakang ini marak terjadi di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ini diungkapkan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Muntamah. Menurut anggota komisi D ini, pemerintah dan berbagai elemen masyarakat lainnya perlu menyelesaikan permasalahan ini.

“Pemerintah dan kita semua seyogyanya punya perhatian. Pemkab dengan OPD terkait kami dorong untuk lebih intens memberikan pendidikan seks pada anak-anak dan remaja,”

Orang tua juga diminta untuk mengarahkan anak kepada kegiatan yang positif. Langkah ini dinilai bisa mencegah perundungan atau bullying.

Diketahui, akibat perundungan, sebanyak 30 siswa di Kabupaten Pati mengalami gangguan mental. Mirisnya, beberapa perundungan itu terjadi di lingkungan sekolahan.

Kepala Sentra Margo Laras di Pati Jiwaningsih mengatakan, pihaknya sejak tahun 2019 telah menangani puluhan anak dengan gangguan jiwa.

“Sejak 2019 sampai sekarang, kami ada 30 anak dengan gangguan jiwa. Beberapa diantara penyebab paling banyak adalah karena kecanduan game dan bullying,” kata dia.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N