Berita  

Perda Pesantren Berikan Payung Hukum Keberadaan Ponpes

DeptaMedia.com Screenshot 2022 11 07 08 44 18 33 1c337646f29875672b5a61192b9010f9

Pati, Deptamedia.com – Raperda Tentang Fasilitasi Pengembangan Pesantren atau Raperda Pesantren dinilai memberikan payung hukum bagi keberadaan pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pati.

Ini diungkapkan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) pada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati saat memberikan jawaban Pj Bupati Pati dalam Rapat Paripurna, Kamis (9/2/2023). Jawaban fraksi ini diwakili anggota DPRD Kabupaten Pati Sutikno.

“Dengan tekad bulat untuk merealisasikan Perda Pesantren guna memberikan payung hukum terhadap keberadaan pesantren sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional,” ujar dia.

Pondok Pesantren dinilai memiliki fungsi sebagai lembaga pendidikan, lembaga sosial dan lembaga dakwah. Sehingga pesantren mempunyai integritas yang tinggi bagi masyarakat serta menjadi rujukan moral, etik dan ilmu pengetahuan agama Islam.

“Yang bersandar pada itman dirayah, mu’adalah dan Dirasah Islamiyah,” tutur dia.

Hal ini membuat oleh jumlah Pondok Pesantren dan santri di Kabupaten Pati yang cukup signifikan. Maka perlu dibarengi dengan upaya pengembangan pesantren yang difasilitasi oleh pemerintah daerah melalui kebijakan hukum.

“Tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu dengan merealisasikan Perda tentang Fasilitasi Pengembangan Pesantren,” pungkasnya.

Penulis: RyantoEditor: Sigit N