Ruang Publik di Pati Tak Ramah Penyandang Disabilitas

DeptaMedia.com IMG 20210312 211013 1

Pati, Deptamedia.com – Kelompok penyandang disabilitas Kabupaten Pati menilai ruang publik di Kabupaten Pati tidak ramah dengan kaum penyandang disabilitas.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Pati Suratno saat mengikuti public hearing di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Jumat (12/3/2021)

Ia menilai Kabupaten Pati banyak fasilitas umum yang tidak ramah terhadap para penyandang disabilitas. Menurutnya hal ini terjadi karena pihaknya tidak dilibatkan dalam rancangan pembuatan fasilitas publik

“Teman-teman dalam pembangunannya kan belum dilibatkan, sehingga masih ada kekurangan sedikit-sedikit, contohnya seperti fasilitas umum,” ujar Suratno

Ia pun berharap regulasi pembuatan fasilitas publik di Kabupaten Pati menggandeng pihaknya. “Harapan kita nanti bisa dimasukkan dalam Perda. Agar pembangunan bisa sesuai kebutuhan teman-teman,” tandas Suratno.

Hal ini diamini Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Wisnu Wijayanto.  “Selama ini untuk sarana prasara maupun pekerjaan belum sesuai dengan harapan,” kata Wisnu.

Maka dari itu, pihaknya tengah menggodok Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyandang Disabilitas. Ia berharap Raperda ini dapat menampung kepentingan para penyandang disabilitas. “Makanya kita buat (perda) ini,” tandas Wisnu. (Adv)