Berita  

Seratusan Ribu Jiwa Warga Pati Alami Kekeringan, DPRD Pati Angkat Bicara

DeptaMedia.com 20220305 143043

Deptamedia.com, Pati – Kekeringan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah meluas ke lebih dari 70 desa. Saat ini lebih dari 100 ribu jiwa terdampak kekeringan eskrim. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati pun angkat bicara.

Menurut Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati Narso, kekeringan yang sudah melanda wilayah Kabupaten Pati ini berdampak signifikan. Mulai dari sisi perekonomian pertanian dan perikanan hingga kebutuhan dasar rumah tangga akan konsumsi air.

”Saat ini sudah banyak yang merasakan, petani misalnya kekurangan pasokan air untuk lahannya. Ini bahaya bisa merugi. Karena itu secara jangka panjang masalah kekeringan ini harus diantisipasi dengan baik,” kata Narso.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, puluhan desa itu tersebar di sepuluh kecamatan. Kebanyakan berada di wilayah Pati bagian selatan.

”Sekitar 106 ribu jiwa terdampak kekeringan. Mereka tersebar di 10 kecamatan,” ujar Martinus.

Kesepuluh kecamatan itu yakni, Kecamatan Jaken, Jakenan, Winong, Tambakromo, Gabus, Kayen, Sukolilo, Batangan, Pucakwangi dan Kecamatan Tayu.

Sementara berdasarkan data Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Kabupaten Pati, kekeringan di Kabupaten Pati sudah merembet ke 12 kecamatan. Selain 10 kecamatan di atas, kekeringan juga sudah sampai ke Kecamatan Margorejo dan Kecamatan Trangkil.